Menu

Mode Gelap
 

DPRD Kalimantan Timur · 24 Okt 2023 WITA ·

DPRD Kaltim Bicara Peran Orang Tua Terlibat Aktif Perkembangan Anak


 Teks Foto:; Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati. Perbesar

Teks Foto:; Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati.

Akupedia.id, Samarinda – Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur, Puji Setyowati, memberikan pesan kuat kepada orang tua untuk memperhatikan perkembangan anak-anak mereka. Dalam paparannya, Puji Setyowati menekankan pentingnya peran orang tua dalam mendidik dan membentuk karakter anak-anak, serta dampak negatif yang mungkin timbul jika ketidakpedulian terhadap pendidikan anak dibiarkan.

Salah satu contoh kasus yang dibawakan oleh Puji Setyowati adalah tindakan kekerasan yang dilakukan oleh anak-anak, yang pada akhirnya mengakibatkan temannya mengalami cedera serius. Dalam situasi seperti ini, peran orang tua dalam mendidik anak tidak dapat diremehkan. Mereka harus memainkan peran yang lebih aktif dalam memahami dan mengatasi perilaku anak-anak mereka.

Puji Setyowati menegaskan bahwa sekolah dan guru saja tidak cukup untuk membentuk karakter dan mendidik anak dengan baik. Orang tua harus terlibat dalam pendidikan anak-anak mereka secara aktif.

“Dalam era teknologi dan modernisasi yang terus berkembang, mendidik anak-anak telah menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, ia mendorong orang tua untuk menggunakan buku penghubung sebagai alat komunikasi antara sekolah dan rumah,” imbuh Puji.

Buku penghubung memungkinkan orang tua untuk memantau perkembangan anak di sekolah dan memberikan kesempatan bagi tindakan cepat dari pihak sekolah dan orang tua jika ada perubahan perilaku atau masalah lain yang muncul. Penggunaan buku penghubung merupakan langkah positif dalam meningkatkan kerja sama antara orang tua dan guru untuk mendukung perkembangan anak-anak.

Puji Setyowati juga mengingatkan bahwa melibatkan diri dalam perkembangan anak adalah investasi terbaik yang dapat orang tua lakukan untuk masa depan anak-anak mereka. Dengan keterlibatan aktif orang tua, anak-anak memiliki dukungan yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik, serta menghindari potensi masalah perilaku yang tidak diinginkan.

Dalam dunia yang terus berubah, peran orang tua tetap menjadi kunci dalam membentuk generasi masa depan.

Pesan dari Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim ini mencerminkan kesadaran tentang perlunya perhatian dan dukungan orang tua dalam pendidikan anak-anak. Dengan kerja sama yang baik antara orang tua, sekolah, dan pihak berwenang, kita dapat membantu menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak-anak secara positif, membentuk generasi yang tangguh dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

ADV/DPRD/FR/21

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Cipayung Plus Kalimantan Timur Memperingati Hari Sumpah Pemuda

29 Oktober 2023 - 20:32 WITA

Respons DPRD Kaltim Terhadap Suara Rakyat dalam Pembangunan Daerah

29 Oktober 2023 - 15:18 WITA

Rembuk Pendidikan Kaltim 2023: Mendorong Indonesia Emas 2045

28 Oktober 2023 - 21:59 WITA

Generasi Muda Kaltim Diminta Aktif Wujudkan Perubahan Positif

28 Oktober 2023 - 14:17 WITA

Samsun Mendukung Semangat Wirausaha Pertanian di Kaltim

27 Oktober 2023 - 13:52 WITA

Kukar Penyuplai Bahan Pangan Terbesar di Kalimantan Timur

27 Oktober 2023 - 13:37 WITA

Trending di DPRD Kalimantan Timur