Menu

Mode Gelap
 

DPRD Kalimantan Timur · 27 Okt 2023 WITA ·

Samsun Mendukung Semangat Wirausaha Pertanian di Kaltim


 Teks Foto: Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun. Perbesar

Teks Foto: Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun.

Akupedia.id, Samarinda – DPRD Kalimantan Timur mendukung dengan tegas semangat wirausaha pertanian di wilayah ini. Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur, Muhammad Samsun, menjadi sosok proaktif dalam upaya mendorong generasi muda untuk terlibat dalam sektor pertanian yang sangat penting. Dalam pernyataan terbarunya, Samsun menekankan betapa pentingnya peningkatan pendapatan dalam pertanian sebagai kunci untuk menginspirasi pemuda.

Samsun menyatakan bahwa pendapatan pertanian harus menjadi fokus utama dalam upaya mendukung pertumbuhan sektor ini. Menurutnya, jika pendapatan di sektor pertanian dapat ditingkatkan, maka generasi muda akan lebih termotivasi untuk berkarir di bidang ini. Namun, tantangan yang menghadang sektor pertanian harus diatasi.

Salah satu tantangan utama yang telah lama dihadapi oleh sektor pertanian adalah fluktuasi harga di pasar. Petani sering mengalami penurunan harga yang tajam saat musim panen, yang akhirnya membuat beberapa dari mereka enggan terlibat dalam pertanian. Samsun sangat menekankan pentingnya penjaminan harga untuk hasil pertanian sebagai langkah kunci dalam memberikan stabilitas dan rasa aman kepada petani.

Perlindungan terhadap hasil pertanian juga menjadi isu kunci yang perlu diatasi. Petani memerlukan perlindungan terhadap risiko cuaca ekstrem dan bencana alam yang dapat merusak hasil panen mereka. Dalam hal ini, Samsun menggarisbawahi pentingnya peran pemerintah dalam memberikan asuransi pertanian yang sesuai untuk mengatasi masalah ini.

Namun, yang tak kalah penting adalah pandangan terhadap pertanian.

“Pertanian bukan hanya tentang bercocok tanam, tetapi juga tentang berwirausaha di bidang pertanian. Dengan berbagai peluang bisnis seperti agribisnis dan agroindustri, pemuda dapat mengembangkan usaha mereka sendiri dan menciptakan lapangan kerja,” imbuh Samsun.

“Penghasilan dalam wirausaha pertanian bisa lebih besar daripada gaji bulanan di perusahaan. Ini bukan hanya tentang menghasilkan makanan, tapi juga tentang menciptakan peluang bisnis yang tak terbatas,” tambah Samsun.

DPRD Kalimantan Timur telah mengambil langkah konkret untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pemuda yang ingin terlibat dalam pertanian. Ini mencakup pelatihan dan pendampingan bagi mereka yang ingin memulai usaha pertanian mereka sendiri.

Semangat wirausaha pertanian yang ditekankan oleh Muhammad Samsun memberikan pandangan yang optimis untuk masa depan pertanian di Kalimantan Timur. Dengan langkah-langkah konkret seperti penjaminan harga, perlindungan terhadap hasil pertanian, dan dukungan untuk wirausaha muda, sektor pertanian dapat menjadi lebih menarik bagi generasi muda, sementara juga menghasilkan dampak positif pada ketahanan pangan dan perekonomian regional.

DPRD Kalimantan Timur berkomitmen untuk terus mendukung dan memajukan sektor pertanian di wilayah ini.

ADV/DPRD/FR/33

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Cipayung Plus Kalimantan Timur Memperingati Hari Sumpah Pemuda

29 Oktober 2023 - 20:32 WITA

Respons DPRD Kaltim Terhadap Suara Rakyat dalam Pembangunan Daerah

29 Oktober 2023 - 15:18 WITA

Rembuk Pendidikan Kaltim 2023: Mendorong Indonesia Emas 2045

28 Oktober 2023 - 21:59 WITA

Generasi Muda Kaltim Diminta Aktif Wujudkan Perubahan Positif

28 Oktober 2023 - 14:17 WITA

Kukar Penyuplai Bahan Pangan Terbesar di Kalimantan Timur

27 Oktober 2023 - 13:37 WITA

Tantangan dan Prestasi Terbaru Kaltim Terkait Industri Kopi di Kutai Barat

27 Oktober 2023 - 13:30 WITA

Trending di DPRD Kalimantan Timur