Menu

Mode Gelap
 

Daerah · 29 Okt 2023 WITA ·

Cipayung Plus Kalimantan Timur Memperingati Hari Sumpah Pemuda


 Teks Foto: Suasana Ketua Umum Cipayung Plus Kalimantan Timur melakukan foto bersama di Hotel Aston Samarinda. Perbesar

Teks Foto: Suasana Ketua Umum Cipayung Plus Kalimantan Timur melakukan foto bersama di Hotel Aston Samarinda.

Akupedia.id, Samarinda – Kelompok Cipayung Plus Kalimantan Timur sukses menggelar acara Gala Dinner dan Dialog yang menginspirasi, dengan tema “Kebangkitan Pemuda Kalimantan Timur Menghadapi Ibu Kota Nusantara Dan Pemilu Tahun 2024”, sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda yang bersejarah. Acara ini berlangsung tanggal 27 Oktober 2023 di Hotel Aston Samarinda.

Artinus Hulu, Sekretaris Umum PP Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), adalah salah satu narasumber utama dalam acara ini. Dalam pidatonya yang menggugah, Hulu menyampaikan pesan-pesan penting bagi pemuda Kalimantan Timur yang memiliki potensi besar dalam menghadapi masa depan yang penuh perubahan.

Hulu menekankan bahwa perubahan besar yang akan terjadi dengan penetapan Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara harus dijadikan sebagai kesempatan emas untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul. Pemuda dimotivasi untuk tidak hanya menjadi penonton dalam perubahan ini, tetapi harus aktif terlibat dalam pengembangan dan kemajuan wilayah ini.

“Pemuda Kalimantan Timur perlu bersatu untuk bersama-sama mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul, inovatif, dan kreatif. Ini akan sangat relevan dalam menyongsong generasi emas tahun 2045 dan memaksimalkan bonus demografi,” ajak Hulu.

Di samping itu, Hulu menyoroti pentingnya lapangan pekerjaan yang luas dan kebutuhan akan keterampilan multi. Dia menekankan bahwa persiapan sumber daya manusia yang kuat adalah kunci untuk memanfaatkan bonus demografi sebagai kekuatan untuk membangun ekonomi Indonesia.

Dalam konteks pemilu tahun 2024, Hulu memperingatkan bahwa pemuda memiliki peran strategis yang sangat penting dalam penyelenggaraan pesta demokrasi. Pemilu harus berlangsung dengan damai, tanpa polarisasi sosial, isu SARA, politik identitas, money politik, dan penyebaran hoaks.

Hulu juga mendorong pemuda Kalimantan Timur untuk bersiap bersaing di pasar global dengan berbagai keterampilan. Ini berarti tidak boleh hanya menjadi penonton di rumah sendiri, tetapi harus menjadi lokomotif dalam perubahan dan memberikan kontribusi nyata dalam kebijakan pembangunan Ibu Kota Negara.

Dalam penutupnya, Hulu menyampaikan harapannya terhadap kehadiran Ibu Kota Negara di Kalimantan, bahwa perubahan ini harus membawa dampak positif dan kesejahteraan bagi masyarakat lokal. Ini menunjukkan pentingnya memastikan bahwa perubahan ini memberikan manfaat yang nyata bagi rakyat dan memajukan peradaban Indonesia.

Diawali dengan kegiatan Acara Gala Dinner dan Dialog ini merupakan wujud nyata semangat perjuangan pemuda dalam menghadapi tantangan masa depan, serta peringatan Hari Sumpah Pemuda yang penuh makna. Sebagai tambahan, peringatan ini juga mencakup Konser Nusantara yang memukau dengan kehadiran artis ternama, berlangsung pada 28 Oktober 2023, di Plenary Hall Samarinda menciptakan atmosfer perayaan dan inspirasi yang tak terlupakan. Acara ini membuktikan betapa pentingnya peran pemuda dalam memajukan Indonesia ke arah yang lebih baik.

Tim Redaksi Akupedia.id/FR.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Respons DPRD Kaltim Terhadap Suara Rakyat dalam Pembangunan Daerah

29 Oktober 2023 - 15:18 WITA

Rembuk Pendidikan Kaltim 2023: Mendorong Indonesia Emas 2045

28 Oktober 2023 - 21:59 WITA

Generasi Muda Kaltim Diminta Aktif Wujudkan Perubahan Positif

28 Oktober 2023 - 14:17 WITA

Samsun Mendukung Semangat Wirausaha Pertanian di Kaltim

27 Oktober 2023 - 13:52 WITA

Kukar Penyuplai Bahan Pangan Terbesar di Kalimantan Timur

27 Oktober 2023 - 13:37 WITA

Tantangan dan Prestasi Terbaru Kaltim Terkait Industri Kopi di Kutai Barat

27 Oktober 2023 - 13:30 WITA

Trending di DPRD Kalimantan Timur