Menu

Mode Gelap
 

Politik · 26 Okt 2023 WITA ·

KPU Kaltim Memasuki Tahap Penyusunan DCT Setelah Verifikasi Calon Caleg


 Caption: Suardi, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan di KPU Kaltim. Perbesar

Caption: Suardi, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan di KPU Kaltim.

Akupedia.id, Samarinda – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur (Kaltim) telah mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan tahap verifikasi administrasi calon anggota legislatif (Caleg) dan sekarang memasuki tahap penyusunan Daftar Calon Tetap (DCT), Rabu (25/10/2023).

Suardi, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan di KPU Kaltim, mengungkapkan bahwa sebanyak 789 individu telah mendaftar melalui partai politik untuk menjadi Caleg di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim.

Sebelum memasuki tahap penyusunan DCT, KPU Kaltim telah melewati tahap rekapitulasi verifikasi administrasi calon, yang mengakibatkan penurunan jumlah calon dari 790 menjadi 789. Perubahan ini terjadi pada Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

“Selain pengurangan satu calon dari PKN, beberapa partai politik lain juga melakukan pergantian komposisi calon. Namun, jumlah pasti pergantian tersebut tidak dapat diuraikan, karena mencapai ratusan,” imbuh Suardi.

Penyusunan DCT sedang berlangsung sejak tanggal 24 Oktober dan dijadwalkan akan selesai pada tanggal 2 November. Selanjutnya, KPU Kaltim akan mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan DCT pada tanggal 28 Oktober untuk membahas proses penyusunan DCT.

Jumlah 789 calon yang saat ini masih menunggu DCT dari KPU Kaltim sudah terkunci dan tidak akan mengalami penambahan atau pengurangan lagi, menurut Suardi.

Hal ini karena mereka telah melewati tahap pencermatan yang ketat. Setelah penyusunan DCT, KPU Kaltim akan segera melakukan Penetapan DCT pada tanggal 3 November dan Pengumuman DCT satu hari setelahnya, yaitu pada tanggal 4 November.

Tim Redaksi Akupedia.id.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Cipayung Plus Kalimantan Timur Memperingati Hari Sumpah Pemuda

29 Oktober 2023 - 20:32 WITA

Respons DPRD Kaltim Terhadap Suara Rakyat dalam Pembangunan Daerah

29 Oktober 2023 - 15:18 WITA

Rembuk Pendidikan Kaltim 2023: Mendorong Indonesia Emas 2045

28 Oktober 2023 - 21:59 WITA

Generasi Muda Kaltim Diminta Aktif Wujudkan Perubahan Positif

28 Oktober 2023 - 14:17 WITA

Samsun Mendukung Semangat Wirausaha Pertanian di Kaltim

27 Oktober 2023 - 13:52 WITA

Kukar Penyuplai Bahan Pangan Terbesar di Kalimantan Timur

27 Oktober 2023 - 13:37 WITA

Trending di DPRD Kalimantan Timur