Menu

Mode Gelap
 

Daerah · 3 Jul 2023 WITA ·

Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir, Rahmat Kawal Bantuan Sarana Usaha Perikanan


 Foro : Rahmat Dermawan Faslitator Program Nelayan Produktif Kutai Kartanegara Saat Mengunjungi Kelompok Pembudidaya Ikan Air Tawar di Kecamatan Muara Jawa. Perbesar

Foro : Rahmat Dermawan Faslitator Program Nelayan Produktif Kutai Kartanegara Saat Mengunjungi Kelompok Pembudidaya Ikan Air Tawar di Kecamatan Muara Jawa.

Portalborneo.or.id, Kutai Kartanegara – Sebanyak 15 kelompok pembudidaya ikan air tawar di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur mendapat bantuan perikanan.

Belasan kelompok pembudidaya ikan air tawar di Kecamatan Sanga-sanga dan Marangkayu itu mendapat bantuan berupa 2 ton pakan, 8 terpal, dan 20 ribu bibit ikan.

Bantuan tersebut akan direalisasikan dalam waktu dekat. Ini disampaikan Fasilitator Program Nelayan Produktif Kutai Kartanegara, Rahmat Dermawan.

Ia mengatakan, dua kelompok nelayan di wilayah pesisir ini telah lama eksis. Namun, terkendala harga pakan dan biaya operasional yang tinggi.

“Dan kita fasilitasi mereka untuk mendapat bantuan dari Pemkab Kukar melalui program 25 ribu nelayan produktif. Akan direalisasikan tahun ini,” ujarnya, Sabtu (1/7/2023).

Rahmat menuturkan, kelompok pembudidaya ikan air tawar yang tersebar di Kabupaten Kutai Kartanegara sangat berpotensial.

Mereka mampu membangkitkan perekonomian melalui produk olahan ikan air tawar. Seperti mengolah kerupuk dan makanan cepat saji.

“Saya ingin memastikan bahwa ada masyarakat yang eksis melakukan pengembangan budidaya, namun mereka terkendala dan butuh bantuan. Untuk itu kami hadir memfasilitasi,” jelasnya.

Sementara itu, Kasan, warga RT19 Kampung Gunung Pasir mengungkapkan, kelompok pembudidayanya telah mengajukan bantuan berupa bibit lele, pakan ikan, dan terpal.

Usulan yang muncul dua bulan lalu itu pun direspon cepat oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Fasilitator Program Nelayan Produktif.

“Ini sangat membantu untuk membangun perekonomian. Memang kelompok pembudidaya kami sudah punya kolam, tapi kami punya masalah soal pakan dan pembibitan,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, dalam kurun waktu lima tahun, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar menargetkan bantuan bagi 25 ribu nelayan dan pembudidaya akan dirampungkan. 

DKP Kukar telah melakukan breakdown atau merincikan target tersebut dengan memfasilitasi 5.000 nelayan dan pembudidaya per tahunya.

Jika melihat hasil kinerja satu tahun lalu, maka DKP Kukar optimis bisa kembali merealisasikan target penyaluran bantuan di tahun 2023 ini.

Target tahun 2023 bakal menyasar memfasilitasi kepada 9.000 nelayan dan pembudidaya di Kukar.

Dengan anggaran mencapai Rp219 miliar, DKP Kukar bakal kembali fasilitasi peralatan penunjang bagi nelayan dan pembudidaya.

Bahkan, Rp83 miliar dari total anggaran akan digunakan untuk memberikan bantuan kepada nelayan tangkap.

Selain itu, ada 300 Pokdakan atau 4.746 pelaku usaha budidaya ikan menjadi sasaran DKP Kukar pada tahun ini.

Bantuan akan kembali disalurkan, beberapa di antaranya seperti 5.780 unit sarana produksi budidaya benih ikan atau udang, induk ikan unggul, pakan ikan, keramba, kolam terpal dan bioflok.

DKP Kukar juga sudah mengalokasikan anggaran kurang lebih Rp94 miliar untuk Program Pengelolaan Perikanan Budidaya.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Cipayung Plus Kalimantan Timur Memperingati Hari Sumpah Pemuda

29 Oktober 2023 - 20:32 WITA

Respons DPRD Kaltim Terhadap Suara Rakyat dalam Pembangunan Daerah

29 Oktober 2023 - 15:18 WITA

Rembuk Pendidikan Kaltim 2023: Mendorong Indonesia Emas 2045

28 Oktober 2023 - 21:59 WITA

Generasi Muda Kaltim Diminta Aktif Wujudkan Perubahan Positif

28 Oktober 2023 - 14:17 WITA

Samsun Mendukung Semangat Wirausaha Pertanian di Kaltim

27 Oktober 2023 - 13:52 WITA

Kukar Penyuplai Bahan Pangan Terbesar di Kalimantan Timur

27 Oktober 2023 - 13:37 WITA

Trending di DPRD Kalimantan Timur