Menu

Mode Gelap
 

DPRD Kalimantan Timur · 19 Jul 2023 WITA ·

Seluruh Unsur Pimpinan DPRD Kaltim Lakukan Konsultasi Antarprovinsi di Negeri Kincir Angin Belanda


 Seluruh Unsur Pimpinan DPRD Kaltim Lakukan Konsultasi Antarprovinsi di Negeri Kincir Angin Belanda Perbesar

Portalborneo.or.id, Samarinda – Sejumlah unsur Pimpinan DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diantaranya Ketua DPRD Hasanuddin Mas’ud, Wakil Ketua Muhammad Samsun, Seno Aji dan Sigit Wibowo, melakukan kunjungan kerja ke luar negeri tepatnya di Negeri Kincir Angin Belanda, Rabu (19/7/2023).

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun saat di konfirmasi awak media atas pertanyaan yang diajukan berkaitan bentuk urgensi hingga perlu dilakukannya kunjungan kerja keluar negeri dengan melibatkan seluruh pimpinan termasuk Gubernur Isran Noor, menjawab pihaknya saat ini sedang melakukan pertemuan dengan Asosiasi Pemerintah Provinsi Belanda.

“Kami masih sedang pertemuan dengan Asosiasi Pemerintah Provinsi Belanda (Interprovinciaal Overleg)/Konsultasi antarprovinsi,” kata Muhammad Samsun pada Portalborneo.or.id.

Samsun juga mengatakan, pihaknya akan segera menyampaikan alasan kunjungannya setelah selesai melakukan konsultasi bersama di Belanda.

“Nanti saya hubungin kembali,” sambung Samsun.

Bukan hanya Ketua dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim, Sekretaris DPRD Norhayati, Sekretaris Daerah Sri Wahyuni, sejumlah organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim, Ketua Komisi III DPRD Veridiana Huraq Wang, dan Anggota DPRD Ekti Imanuel, tampak ikut melakukan pendampingan konsultasi antarprovinsi di Belanda tersebut.

Berkaitan itu, sejumlah anggota DPRD Kaltim menyayangkan langkah yang dilakukan pimpinan DPRD Kaltim. Seperti Anggota Komisi I DPRD Kaltim Marthinus yang juga adalah Anggota Badan Kehormatan (BK) mengatakan kalau fenomena kunjungan ke Belanda ini baru terjadi.

“Saya mewakili Badan Kehormatan, saya sudah konsultasi dengan Ketua BK pak Sutomo Jabir dan wakil ketua BK ustad Harun Al Rasyid ingin memberikan masukan ke lembaga dewan dan juga bu sekwan,” kata Marthinus, Selasa (18/7/23).

“Saya bisa katakan ini baru terjadi dalam sejarah di Indonesia, DPRD melakukan kunjungan ke luar negeri dan semua pimpinan berangkat. Boleh di cek di seluruh DPRD di Indonesia” tegas Marthinus.

Marthinus mengaku tidak mempersoalkan keberangkatan tersebut kalau masih ada salah satu unsur pimpinan dewan yang tinggal di DPRD Kaltim karena banyak kegiatan di alat kelengkapan dewan.

“Kami usulkan ada unsur pimpinan yang tinggal. Kami berikan masukan ini karena di banmus sebelumnya sudah terjadwal banyak agenda-agenda. Kami hanya protes mengenai kekosongan pimpinan selama lima hari kerja. Ini yang membuat kami gelisah dan teman-teman bertanya, apakah keberangkatan ini penting untuk lembaga atau tidak,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Kehormatan DPRD Kaltim Sutomo Jabir belum bisa memberikan tanggapan, karena posisi sedang dalam perjalanan ke Kabupaten Berau.

Melansir dari laman resmi Pemprov Kaltim, Gubernur Isran Noor menjelaskan bahwa kunjungan pihaknya ke Belanda sebenarnya sudah terprogram cukup lama, sekitar tujuh tahun lalu.

“Pertama, kita ingin belajar untuk meningkatkan kerja sama antarpemerintah dan sekaligus pemerintah daerah dan pemerintah Belanda,” jelas Gubernur Isran Noor.

Sebagai mitra strategis pemerintah pusat, APPSI lanjut Gubernur, akan menyampaikan hal-hal yang secara regulasi mungkin belum diatur, tetapi hal itu penting dan banyak hal lainnya.

“Misalnya saja soal investasi, bisnis atau usaha. Semua itu ada peran pemerintah daerah. Semua yang diurus Jakarta, semua komoditinya itu ada di daerah-daerah,” tutur Gubernur.

Belanda sendiri kata Gubernur menjadi bagian dari sejarah pemerintahan di Indonesia.

Kunjungan Gubernur Isran Noor ke Belanda itu adalah kegiatan APPSI. Saat kunjungan ini Gubernur Isran Noor hadir bersama Ketua Dewan Pakar APPSI Prof Ryas Rasyid, Anggota Dewan Pakar APPSI Prof Muchlis Hamdi, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma’mun Amir, Asisten II Setda Provinsi Papua Suzana Dewijana Wanggai dan Kepala Biro Pemerintahan Setda Maluku Dominggus Nicodemus Kaya.

Rombongan APPSI akan melakukan kunjungan ke The Association of Provinces of the Netherlands (Interprovicial Overleg/IPO/Asosiasi Pemerintah Provinsi) dan International Cooperation Agency of the Association of Netherlands Municipalities (Vereniging van Netherlandse Gemeenten/VNG/Asosiasi Pemerintah Kabupaten/Kota).

Rombongan juga akan datang ke Penitiary Arnhem (Lembaga Pemasyarakatan Arnhem) dan kunjungan ke Dutch Probation & Workplace Community Center.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id/Frisca)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Respons DPRD Kaltim Terhadap Suara Rakyat dalam Pembangunan Daerah

29 Oktober 2023 - 15:18 WITA

Rembuk Pendidikan Kaltim 2023: Mendorong Indonesia Emas 2045

28 Oktober 2023 - 21:59 WITA

Generasi Muda Kaltim Diminta Aktif Wujudkan Perubahan Positif

28 Oktober 2023 - 14:17 WITA

Samsun Mendukung Semangat Wirausaha Pertanian di Kaltim

27 Oktober 2023 - 13:52 WITA

Kukar Penyuplai Bahan Pangan Terbesar di Kalimantan Timur

27 Oktober 2023 - 13:37 WITA

Tantangan dan Prestasi Terbaru Kaltim Terkait Industri Kopi di Kutai Barat

27 Oktober 2023 - 13:30 WITA

Trending di DPRD Kalimantan Timur