Menu

Mode Gelap
 

Daerah · 10 Jul 2023 WITA ·

Sedekah Bumi dan Festival 1300 Lai di Desa Batuah, Rendi Solihin: Tahun Depan Pecahkan Rekor MURI


 Caption: suasana foto bersama Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin, didampingin Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim Muhammad Samsun Perbesar

Caption: suasana foto bersama Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin, didampingin Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim Muhammad Samsun

*Portalborneo.or.id, Kutai Kartanegara – Festival buah lai, sekaligus sedekah bumi digelar di Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Selain untuk berbagi kebahagiaan, juga sekaligus sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas panen buah lai dan hasil bumi lainnya.

Hampir Ribuan Warga yang menghadiri acara festival 1300 buah lai tersebut, cukup senang dan bahagia, mendapatkan buah Lai dengan gratis.

Untuk diketahui desa batuah sendiri dikenal sebagai penghasil buah Lai Terbesar di kaltim saat ini.

Salah satu warga yang hadiri mengatakan, kegiatan yang memberikan manfaat bagi warga desa batuah ini diharapkan berlanjut di tahun yang akan datang, sehingga desa batuah semakin dikenal di kaltim maupun Indonesia.

“Saya berharap pemerintah ke depan berlanjut untuk menjadikan acara yang lebih besar, sehingga desa batuah ini, semakin dikenal banyak orang,” Ungkap Aminah Warga Desa Batuah.

Turut hadir dalam sedekah bumi tersebut, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, dan Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun, di mana ia mengapresiasi apa yang telah dilakukan masyarakat Desa Batuah.

“Sedekah Lai sebenarnya sama dengan
beberapa festival lainnya yang ada di Kutai Kartanegara, tujuan atau maknanya itu sama sedekah hasil bumi yang ditujukan kepada sang pencipta untuk ungkapan rasa syukur kita terhadap hasil yang dipanen,” kata Rendi Solihin saat diwawancara awak media di lokasi, pada Minggu (9/7/2023).

Rendi juga berharap kedepannya buah Lai yang dihasilkan petani lokal menjadi ciri khas Kukar terutama ikon Desa Batuah, karena berhasil mengembangkan salah satu buah lai terbaik di Kalimantan Timur (Kaltim).

“Pemerintah daerah punya rencana akan mengadakan festival sedekah bumi lai terbesar yang akan memecahkan rekor MURI. Insya Allah tahun depan,” ucapnya.

Tradisi sedekah bumi sudah dilakukan masyarakat Desa Batuah setiap tahun menjelang panen buah lai dan Pemkab Kukar sudah mempromosikan buah lai sebagai obyek pariwisata.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Batuah, Abdul Rasyid menjelaskan, sedekah bumi tahun mengusung konsep yang berbeda, yakni dengan memperkenalkan festival lai.

Buah lai dinilai sebagai simbol Kecamatan Loa Janan, dan menjadi salah satu kearifan lokal yang mampu menarik minat wisatawan.

“Kalau durian sering orang adakan, tapi ini kan lai. Kita bentuk menjadi gunungan atau tumpengan, jumlahnya sekitar 1.300 lain. Kemudian disedekahkan, namanya sedekah lai,” ujar Rasyid.

Ribuan buah tersebut berasal dari kebun seluas 10 hektare milik Hj Nani, mempunyai 300 pohon lai, dan akrab disebut sebagai wisata Dewi Belai.

Wisata ini salah satu wilayah yang berpotensi mengembangkan buah lai di Kabupaten Kukar. “Itu murni dari kebun desa wisata semuanya,” ujarnya.

Berbagai macam kegiatan dirangkai dalam festival ini, ada pekan olahraga dusun, peresmian tribun dan syukuran jalan wisata yang dibangun Pemkab Kukar.

Rasyid menambahkan, Wabup Kukar sempat menyampaikan pesan khusus, di mana Rendi ingin Festival Lai ini bisa masuk rekor muri tahun 2024 mendatang.

“Kalau yang pertama ada 1.300an buah lai, mungkin tahun depan bisa 5.000. Beliau berharap ini dimasukkan (Kalender Event) dan akan dikoordinasikan dengan instansi terkait. Tahun depan pasti lebih meriah, ini perdana,” pungkasnya.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Cipayung Plus Kalimantan Timur Memperingati Hari Sumpah Pemuda

29 Oktober 2023 - 20:32 WITA

Rembuk Pendidikan Kaltim 2023: Mendorong Indonesia Emas 2045

28 Oktober 2023 - 21:59 WITA

Permahi Suarakan Proyek Rp6,6 Miliar di Bilatalang, Dugaan Mengancam Kualitas Jalan

26 Oktober 2023 - 11:44 WITA

Kukar Siapkan Rp1 Triliun untuk Pertanian, Bangun 120 Km Jalan Usaha Tani

4 Oktober 2023 - 17:59 WITA

Foto: Wakil Bupati Kukar, Rendi Ssolihin.

Rendi Solihin Optimis Kukar Bersholawat Jilid 2 Berjalan Lancar

4 Oktober 2023 - 17:17 WITA

Foto: Pemkab Kukar persiapkan Bersholawat jilid 2.

Rakornas P2DD 2023, Pemkab Kukar Raih Dua Penghargaan dari Menko Perekonomian

3 Oktober 2023 - 18:11 WITA

Foto: Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin.(Ist)
Trending di Advertorial