Menu

Mode Gelap
 

DPRD Kalimantan Timur · 21 Okt 2023 WITA ·

Samsun: Kaltim Siap Swasembada Pangan


 Caption: Wakil Ketua DPRD  Kaltim, Muhammad Samsun. Perbesar

Caption: Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun.

Akupedia.id, Samarinda – Dalam peringatan Hari Pangan, Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun, dengan semangat dan optimisme, menyatakan bahwa Kaltim siap menjadi daerah swasembada pangan. Pernyataan ini memunculkan pandangan bahwa Kaltim, yang terletak di Kalimantan, memiliki potensi besar untuk memproduksi makanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan penduduknya.

Wakil Ketua DPRD Kaltim mengungkapkan bahwa peringatan Hari Pangan adalah saat yang tepat untuk mengevaluasi bagaimana negara dan daerah dapat memastikan ketersediaan pangan yang cukup untuk semua warganya. Dia menyambut peringatan ini dengan ucapan selamat dan menyatakan komitmen Kaltim untuk meningkatkan ketahanan pangan.

Menurut Muhammad Samsun, Kaltim memiliki dua pilihan utama dalam memenuhi kebutuhan pangan. Pertama, dengan mengimpor makanan dari daerah lain, dan kedua, dengan mengandalkan sumber daya lokal.

“Saat ini, Kaltim masih mengandalkan impor untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan pangan. Ini adalah tantangan yang harus dihadapi, dan masyarakat Kaltim berkomitmen untuk mengatasi hal ini,” ungkap Samsun.

Kaltim memiliki kekayaan alam yang luar biasa, dengan lahan yang luas dan subur. Tanahnya dikenal sebagai “tanah surga,” di mana hampir semua jenis tanaman tumbuh subur. Muhammad Samsun yakin bahwa dengan pengelolaan yang baik, potensi ini dapat dimaksimalkan untuk keuntungan masyarakat Kaltim.

Wakil Ketua DPRD mengajak semua pihak untuk bekerja sama dalam upaya mencapai swasembada pangan. Swasembada pangan berarti daerah tersebut mampu memproduksi cukup makanan untuk memenuhi kebutuhan penduduknya sendiri. Hal ini akan meningkatkan ketahanan pangan dan mengurangi ketergantungan pada impor.

Para petani dan pengusaha pertanian di Kaltim mendukung tekad ini. Mereka telah bekerja keras dalam meningkatkan produktivitas pertanian dan merencanakan penggunaan lahan yang lebih efisien. Masyarakat juga berharap bahwa upaya ini akan menciptakan lapangan kerja baru dan memberikan dampak ekonomi positif bagi wilayah ini.

Kaltim berkomitmen untuk melangkah maju menuju swasembada pangan dan memaksimalkan potensi “tanah surga” yang mereka miliki. Dengan kerja keras dan kolaborasi semua pihak, mereka berharap bisa mencapai tujuan ini dalam waktu yang tidak terlalu lama. Swasembada pangan bukanlah impian yang jauh dari jangkauan, tetapi sebuah tujuan yang nyata dan mungkin bagi Kaltim.

ADV/DPRD/FR/7

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Cipayung Plus Kalimantan Timur Memperingati Hari Sumpah Pemuda

29 Oktober 2023 - 20:32 WITA

Respons DPRD Kaltim Terhadap Suara Rakyat dalam Pembangunan Daerah

29 Oktober 2023 - 15:18 WITA

Rembuk Pendidikan Kaltim 2023: Mendorong Indonesia Emas 2045

28 Oktober 2023 - 21:59 WITA

Generasi Muda Kaltim Diminta Aktif Wujudkan Perubahan Positif

28 Oktober 2023 - 14:17 WITA

Samsun Mendukung Semangat Wirausaha Pertanian di Kaltim

27 Oktober 2023 - 13:52 WITA

Kukar Penyuplai Bahan Pangan Terbesar di Kalimantan Timur

27 Oktober 2023 - 13:37 WITA

Trending di DPRD Kalimantan Timur