Menu

Mode Gelap
 

Samarinda · 17 Jul 2023 WITA ·

Selama Sepekan, DPK Kaltim Banyak Terima Sumbangan Buku Dari Individu


 Selama Sepekan, DPK Kaltim Banyak Terima Sumbangan Buku Dari Individu Perbesar

Portalborneo.or.id, Samarinda – Selama sepekan Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terima sumbangan buku dari individu masyarakat untuk dibaca bersama di perpustakaan yang terletak di Jalan Ir.H.Juanda, Samarinda.

Koleksi buku yang semakin banyak, membuat pemustaka semakin terpenuhi mendapatkan ilmu pengetahuan. Pustakawan DPK Kaltim, Patimah Irny menuturkan dalam sepekan 3 hingga 5 orang menyerahkan bukunya untuk DPK Kaltim.

“Sangat senang melihat antusias masyarakat. Target dalam satu tahun 20 judul buku dapat kita peroleh. Penyerahan pun termasuk dalam pelaksanaan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2018 mengenai serah simpan Karya Cetak Karya Rekam,” papar Irny.

Patimah mengatakan, meskipun peraturan tersebut di titik beratkan pada penerbit, banyak penulis Kalimantan Timur yang menghasilkan karya buku yang dapat dihimpun oleh DPK Kaltim agar karya miliknya mendapatkan ruang untuk diperkenalkan kepada pemustaka dan masyarakat salah satunya melalui perpustakaan DPK Kaltim.

“Alhamdulillah beberapa orang pun, menyerahkan secara kesadaran. Untuk penulis Kaltim pun kita berharap ke depannya juga memberi tempat bagi mereka untuk memperbanyak jumlah buku mereka ke depannya,” kata Irny.

Bila masyarakat ingin menyerahkan  buku miliknya, DPK Kaltim dengan terbuka menerimanya. Buku-buku yang disumbangkan walau dalam keadaan rusak ringan hingga sedang sekali pun akan melalui tahapan reparasi atau perbaikan oleh DPK Kaltim agar dapat dibaca dalam kondisi yang layak.

Mengutip data koleksi bahan perpustakaan DPK Kaltim, terdapat 45.000 judul buku di perpustakaan DPK Kaltim, 17.116 merupakan koleksi e-book. Adapun jenis buku yang tersedia yakni bergenre karya umum, agama, bahasa, ilmu terapan, sastra, fiksi, dan koleksi perpustakaan keliling.

(Tim Redaksi Portalborneo.or.id)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Cipayung Plus Kalimantan Timur Memperingati Hari Sumpah Pemuda

29 Oktober 2023 - 20:32 WITA

Generasi Muda Kaltim Diminta Aktif Wujudkan Perubahan Positif

28 Oktober 2023 - 14:17 WITA

Samsun Mendukung Semangat Wirausaha Pertanian di Kaltim

27 Oktober 2023 - 13:52 WITA

Kukar Penyuplai Bahan Pangan Terbesar di Kalimantan Timur

27 Oktober 2023 - 13:37 WITA

Tantangan dan Prestasi Terbaru Kaltim Terkait Industri Kopi di Kutai Barat

27 Oktober 2023 - 13:30 WITA

Salehuddin: Legalitas Lahan Sekolah untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan

26 Oktober 2023 - 13:21 WITA

Trending di DPRD Kalimantan Timur