Menu

Mode Gelap
 

Advertorial · 2 Okt 2023 WITA ·

Jalan Poros Kahala-Tabang Ditingkatkan, Kukar Serius Perbaiki Infrastruktur Hulu


 Foto: Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kukar, Restu Irawan.(Ist) Perbesar

Foto: Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kukar, Restu Irawan.(Ist)

Akupedia.id, Kutai Kartanegara – Perhatian serius terus ditunjukkan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, terhadap infrastruktur jalan di wilayah hulu. Salah satunya ialah jalan Poros Kahala-Tabang.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar, Restu Irawan, mengumumkan rencana mereka untuk menyelesaikan proyek semenisasi jalan poros Kahala-Tabang yang membentang sejauh 7,6 kilometer jelang akhir tahun ini.

Proyek ini adalah kelanjutan dari upaya peningkatan yang telah dimulai oleh Dinas PU Kukar pada tahun 2022, dengan alokasi dana mencapai Rp 35,5 miliar. Tahun ini, sekitar Rp 49 miliar dialokasikan untuk meningkatkan jalur transportasi vital di wilayah hulu.

Menurut Restu Irawan, sekitar Rp 32 miliar akan digunakan untuk pengaspalan jalan sepanjang sekitar 6 kilometer, sedangkan Rp 2,3 miliar akan dialokasikan untuk penurapan jalan dan semenisasi sekitar 200 meter.

Pengerjaan di tahun ini akan difokuskan pada dua titik berbeda, yaitu di ruas jalan Desa Kahala sepanjang 5,6 kilometer dan 2 kilometer di Sebelimbingan. Dana sekitar Rp 17 miliar akan diperuntukkan bagi peningkatan jalan di Sebelimbingan, sementara Rp 32 miliar akan digunakan untuk ruas jalan di Kahala.

Pemerintah Kabupaten Kukar, di bawah kepemimpinan Edi Damansyah dan Rendi Solihin sejak tahun 2021, telah menunjukkan komitmennya untuk memperkuat infrastruktur konektivitas antar wilayah. Restu menyampaikan bahwa ada rencana lanjutan, termasuk proyek peningkatan jalan poros Kenohan-Kembang Janggut sepanjang 8 kilometer di tahun depan.

“Proyek ini melibatkan peningkatan sepanjang 2 kilometer di ruas jalan Kahala dan 6 kilometer di ruas jalan Sebelimbingan. Kami berencana melaksanakannya pada tahun mendatang,” ujarnya.

Beberapa ruas jalan kabupaten lainnya juga telah ditingkatkan dan terus dipertahankan, termasuk jalan poros kecamatan Kenohan dan Tabang. Jalan ini memiliki peran sentral karena menghubungkan tiga kecamatan di wilayah tersebut, memperkuat integrasi antarwilayah yang menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Kukar.

ADV/DiskominfoKukar/1

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Permahi Suarakan Proyek Rp6,6 Miliar di Bilatalang, Dugaan Mengancam Kualitas Jalan

26 Oktober 2023 - 11:44 WITA

Kukar Siapkan Rp1 Triliun untuk Pertanian, Bangun 120 Km Jalan Usaha Tani

4 Oktober 2023 - 17:59 WITA

Foto: Wakil Bupati Kukar, Rendi Ssolihin.

Rendi Solihin Optimis Kukar Bersholawat Jilid 2 Berjalan Lancar

4 Oktober 2023 - 17:17 WITA

Foto: Pemkab Kukar persiapkan Bersholawat jilid 2.

Rakornas P2DD 2023, Pemkab Kukar Raih Dua Penghargaan dari Menko Perekonomian

3 Oktober 2023 - 18:11 WITA

Foto: Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin.(Ist)

1000 RTLH di Kukar Dapat Perubahan, Pemkab dan TNI Kerjasama Perangi Kemiskinan

3 Oktober 2023 - 16:06 WITA

Foto: 1000 RTLH di Kukar Dapat Perubahan.

Disperkim Kukar Bangun 1000 Rumah Layak Huni, Bekerja Sama dengan Kodim 9006/KKR

3 Oktober 2023 - 15:54 WITA

Foto: Proses Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kukar.
Trending di Advertorial