Menu

Mode Gelap
 

DPRD Kalimantan Timur · 1 Agu 2023 WITA ·

Proses Pelantikan Pergantian Antar Waktu (PAW) Makmur HAPK di DPRD Kaltim Masih Menunggu


 Teks Foto: Gedung Rapat Paripurna DPRD Kaltim. (IST). Perbesar

Teks Foto: Gedung Rapat Paripurna DPRD Kaltim. (IST).

Akupedia.id – Proses pelantikan pergantian antar waktu (PAW) anggota DPRD Kaltim dari Partai Golkar, Makmur HAPK, hingga kini belum dapat dipastikan. Menurut Sekretaris DPRD Kaltim, Norhayati US atau akrab dipanggil Nunung, pihaknya telah menerima surat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim terkait PAW tersebut.

“Ketika dari KPU Kaltim ada jawaban, kami bersurat lagi ke Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (BPOD) untuk bersurat ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dari Kemendagri nantinya turun Surat Keputusan (SK) pelantikan, baru nanti kami bisa melantik,” ungkap Nunung pada Selasa (1/8/2023).

Proses PAW Makmur HAPK ini dikatakan berjalan lancar dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Nunung menegaskan bahwa saat ini proses PAW memang tengah berjalan. Namun, ia tidak dapat memastikan kapan pelantikan akan dilaksanakan.

“Belum bisa memastikan kapan pelantikan PAW Makmur HAPK. Tenggat waktunya ada, dan kami mengikuti tahapan tersebut. Ini nyangkutnya di pemerintah provinsi. Kalau tidak ada gugatan atau halangan, biasanya prosesnya berjalan dengan normal,” tambahnya.

Sebelumnya, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kaltim, Suardi, telah mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyampaikan suara terbanyak berikutnya, yaitu Kaharuddin Jafar, sebagai PAW dari Makmur HAPK.

“Memang tidak ada kewajiban lagi dari DPRD Kaltim untuk menyampaikan kepada kami terkait pelantikannya kapan. Proses di KPU Kaltim sudah selesai. Ranah kami sudah selesai,” ujar Suardi.

Surat dari KPU Kaltim ke DPRD Kaltim yang disampaikan pada 19 Juni 2023 telah menjawab pertanyaan mengenai PAW Partai Golkar. Dengan demikian, tinggal menunggu prosesi PAW saja.

“Saat ini, tugas kami sebagai KPU telah selesai karena kami telah menjawab surat dari DPRD. Kami telah memberikan satu nama calon pengganti sesuai ketentuan yang ada. Selanjutnya, prosesnya berada di DPRD dan Kemendagri,” tandas Suardi.

Sementara proses pelantikan PAW Makmur HAPK masih menunggu kelanjutan di DPRD Kaltim, masyarakat dan partai politik terkait terus mengawasi perkembangan selanjutnya. Harapannya agar proses pelantikan ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Respons DPRD Kaltim Terhadap Suara Rakyat dalam Pembangunan Daerah

29 Oktober 2023 - 15:18 WITA

Generasi Muda Kaltim Diminta Aktif Wujudkan Perubahan Positif

28 Oktober 2023 - 14:17 WITA

Samsun Mendukung Semangat Wirausaha Pertanian di Kaltim

27 Oktober 2023 - 13:52 WITA

Kukar Penyuplai Bahan Pangan Terbesar di Kalimantan Timur

27 Oktober 2023 - 13:37 WITA

Tantangan dan Prestasi Terbaru Kaltim Terkait Industri Kopi di Kutai Barat

27 Oktober 2023 - 13:30 WITA

Salehuddin: Legalitas Lahan Sekolah untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan

26 Oktober 2023 - 13:21 WITA

Trending di DPRD Kalimantan Timur